Socialization And Training

ELN | Socialization And Training

Pelatihan Positive Deviance Untuk Pelaksana Tahap 4 di Kabupaten Berau Tahun 2014

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Pelatihan Tahap 4 dilaksanakan pada tanggal 17-22 November 2014 di Kampung Tumbit Melayu Kecamatan Teluk Bayur Kabupten Berau secara paralel di dua tempat yaitu di Gedung Pertemuan Dusun Meraang Kampung Tumbit Melayu untuk 2 Posyandu yaitu Posyandu Mawar Dusun Nasding dan Posyandu Anggrek Merah Dusun Meraang, 2 Posyandu lainnya bertempat di Pos PAUD Kampung Tumbit Melayu.

Selama 6 hari peserta dilatih mengenai pendekatan  positive deviance (PD) dan bagaimana mengimplementasikannya dalam mengatasi masalah kesehatan terutama masalah gizi pada balita. Pelatihan dimulai dari jam 10. 00 sampai dengan jam 17.00 atau lebih sesuai kebutuhan proses pembelajaran. Jumlah jam pelajaran seluruhnya 40 jam @ 45 menit/jam. Modul yang digunakan dalam pelatihan ini terdiri dari 3 buku yaitu Buku Pegangan Kader buku 1  dan 2 yang disusun PDRC dan PLAN Internasional Indonesia, serta buku Pegangan untuk fasilitator (Kurikulum dan Modul Kegiatan Praktik Perilaku dan Pemulihan Gizi (KP3G) Melalui Pendekatan Positive Deviance).

Pelatihan ini bertujuan membimbing tim Fasilitator PD Kabupaten Berau dalam proses pelatihan implementer di Kampung Tumbit Melayu Kecamatan Teluk Bayur serta menjadi awalan dalam pembentukan Pos Gizi (Nutrition Education Rehabilitation Program /NERP) di Posyandu Mawar dan Anggrek Merah masing-masingdi Dusun Nasding dan Meraang Kampung Tumbit Melayu.

Secara keseluruhan pelatihan berjalan dengan baik, fasilitator bisa bekerja sama dengan baik. Namun mereka kurang persiapan sehingga seringkali urutan materi tidak diperhatikan, terlewat atau lupa media alat bantu dalam proses pembelajaran kadang tidak dibuat. Untuk itu kedepannya harus lebih disiapkan dengan baik. Dukungan masyarakat terhadap kegiatan ini cukup baik, terlihat dalam musyawarah masyarakat kampung yang menghasilkan kesepakatan dukungan dengan terbentuknya Komite Pos Gizi di wilayah Posyandu Melati, Mawar dan Anggrek Merah. Selain itu juga akan diterbitkan Peraturan kampung tentang kewajiban warga yang punya balita menimbang balita setiap bulan di pos yandu.

In House Training Positive Deviance

PDRC FKM UI is running training for people who want to learn and implementation positive deviance approach.  The course takes places at Instiuition which invited PDRC’s facilitator or another location.

For more information, download the leaflet: In house Training Positive Deviance or contact PDRC email : pdrc.fkmui@gmail.com