PDF
Print
E-mail

KLU – Layanan Kesehatan Cuma-Cuma Dompet Dhuafa (LKC Dompet Dhuafa) menerjunkan tim gizi ke kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara (KLU), untuk mendampingi masyarakat setempat melakukan perbaikan gizi kurang pada balita, agar tidak terjadi gizi buruk.Menurut Nursalim, Koordinator TIM Gizi LKC Dompet Dhuafa, kehadiran tim gizi LKC di KLU membantu masyarakat setempat keluar dari persoalan gizi yang mereka alami.

Sejauh ini kawasan KLU masih terancam dengan tingginya prevalensi gizi buruk dan angka kematian bayi.
“Untuk itu LKC Dompet Dhuafa bersama pemeritah dan masyarakat setempat akan mendirikan 9nPos Gizi untuk memperbaiki gizi kurang Balita di kawasan tersebut, ” jelas Nursalim, Senin (5/3/2012) melalui wawancara online.

Langkah awal yang dilaksanakan Tim LKC Dompet Dhuafa yang terdiri dari Perawat Nursalim (Koordinator), Perawat Andy Setia, Perawat Anisa Mega Utami dan Bidan Aam Amelia melakukan pelatihan pendamping, Rabu (29/2/2012) s.d Sabtu (3/3/2012). Pembukaan Pelatihan Pendamping dan Kader Pos Gizi. Kegiatan dilaksanakan di Gedung Baru Serba Guna Pemda KLU.

Dikatakan Nursalim, semula pelatihan ini akan dibuka Wakil Bupati KLU Najmul Akhyar SH.MH, mendadak ada undangan Mendagri untuk menghadiri pertemuan seluruh Bupati dan Wakil Bupati di Medan. Akhirnya pelatihan ini dihadiri Kasi Sosial Kecamatan Gangga, Wardoyo).

Juga hadir Kepala Puskesmas Gangga, drg. I Made Suasa, Direktur DASI Dompet Dhuafa Firad dan 6 peserta pendamping yang terdiri dari 4 bidan desa dan 2 ahli gizi Puskesmas serta para peserta kader pos gizi berjumlah 26 orang tersebar di 5 Desa. Sisanya adalah perwakilan di masing-masing desa dan para tokoh masyarakat yang biasa disini disebut dengan Tuan Guru.

Seusai acara seremonial sekitar 45 menit dilanjutkan dengan pelatihan kader dan pendamping. Tahapan berikutnya adalah sosialisasi pendirian Pos Gizi dan pelaksanaan 9 Pos Gizi yang menggunakan metode Positive Deviance (PD) untuk penyelesaian masalah gizi masyarakat setempat. - Maifil

source : http://lkc.eramuslim.com/wp/aktivitas-9-pos-gizi-lkc-dompet-dhuafa-di-lombok-utara-dimulai/.

 

Bulletin

S5 Box

Register

*
*
*
*
*

Fields marked with an asterisk (*) are required.