PDF
Print
E-mail

Pada tanggal 3-8 September 2012, Positive Deviance Resource Centre telah diundang PT. Berau Coal Tbk untuk memberikan pelatihan Positive Deviance bagi pelaksana. Pelatihan ini diadakan secara paralel di 2 kampung yaitu Melatijaya dan Pulau Besing Kabupaten Berau.

Pelatihan ini merupakan tahap pertama dari rangkaian pelatihan PD bagi pelaksana yang rencananya akan diadakan dari bulan September-Desember 2012 di 16 Kampung dampingan PT. Berau Coal Tbk. Tujuan diadakan pelatihan ini selain untuk melatih para pelaksana mengenai pendekatan PD juga untuk menjadi media belajar para pelatih Kabupaten Berau agar lebih terlatih dalam melatih PD. Pelatih dari PDRC hanya bertugas mendampingi pelatih lokal dari Kabupaten Berau yang telah mengikuti pelatihan TOT PD tahun 2011.

Selama enam hari berturut-turut, para pelatih lokal bergiliran memberikan materi tentang materi PD mengacu pada buku Pegangan Kader Pelaksanaan Pos Gizi Jilid  1 dan 2. Menurut Ibu Dian Sri Redjeki (Pelatih PD dari PDRC), para pelatih lokal belum sistemasi dan belum  menguasai  materi yang akan disampaikan. Oleh karena itu ke depannya mereka harus lebih menyiapkan diri  dan menguasai materi yang akan disampaikan.

Sementara bagi peserta pelatihan yang merupakan perwakilan dari kader posyandu , PKK dan Ketua RT, pelatihan ini merupakan awal kegiatan intervensi masalah gizi di wilayah mereka. Untuk itu diharapkan adanya komitmen masyarakat dalam menyelenggarakan kegiatan tersebut. Karena inti dari pendekatan positive deviance adalah adanya kesadaran dari masyarakat itu sendiri untuk mengatasi masalah yang ada di wilayahnya. Dan untuk menjaga kesinambungan kegiatan intervensi, disarankan dibentuk Komite Kesehatan Kampung yang akan menjadi perpanjangan tangan kegiatan intervensi kepada masyarakat atau aparat kampung.

 

Bulletin

S5 Box

Register

*
*
*
*
*

Fields marked with an asterisk (*) are required.