PDF
Print
E-mail

materiPositive Deviance Resource Centre FKM UI dan PT. Berau Coal Tbk mengadakan pelatihan Positive Deviance tahap 2 di Kampung Merancang Ulu dan Merancang Ilir Kabupaten Berau.  Pelatihan berlangsung selama 6 hari dari tanggal 17 -22 September 2012 secara paralel di kedua kampung tersebut dan diikuti oleh 42 peserta perwakilan dari Kader Posyandu, Aparat Desa, Kepala RT/RW, Tokoh Masyarakat, Tim PKK Kampung dan Petugas Pembina Desa.  Fasilitator PDRC yang bertugas pada pelatihan ini adalah Ibu Trini Sudiarti dan Ibu Aisyah Rosalinda.

Pelatihan yang diperuntukan bagi Pelaksana Tingkat Kampung (Kader Posyandu) ini berlangsung selama 6 hari dimulai dari jam 8.30 sampai dengan jam 16 dengan jumlah jam pelajaran pelatihan seluruhnya adalah 40 jam dengan perjamnya sekitar 45 menit. Modul yang digunakan dalam pelatihan ini adalah buku Panduan Positive Deviance untuk Kader yang disusun oleh PDRC dan PLAN Indonesia. Buku ini terdiri dari 2 buku yaitu berisi konsep dan 6 tahap pelaksanaan PD dan membahas kegiatan pelatihan hari 1 hingga hari ke 4 pelatihan (Buku 1). Sementara Buku 2, berisi Penatalaksanaan Pos Gizi  yang diberikan pada hari ke 5 dan hari ke 6.

Keluaran dari Pelatihan Positive Deviance untuk Pelaksana ini adalah terbentuknya suatu kegiatan intervensi sebagai suatu model pemberdayaan masyarakat dalam menanggulangi masalah gizi yang dikelola oleh Para Pelaksana (Implementer) yang sudah terlatih.

 

Bulletin

S5 Box

Register

*
*
*
*
*

Fields marked with an asterisk (*) are required.