PDF
Print
E-mail

telaah data posyanduPada tanggal 1-6 Oktober 2012,  PT. Berau Coal Tbk dan Positive Deviance Resource Centre FKM UI kembali mengadakan pelatihan Positive Deviance untuk Pelaksana di Kabupaten Berau. Pelatihan tahap 3 ini diselenggarakan di Kampung Batu-batu Kecamatan Gunung Tabur dan Kampung Tanjung Perangat Kecamatan Sambaliung. Fasilitator dari PDRC yang bertugas mendampingi fasilitator lokal dalam pelatihan ini adalah Ibu Elly Musa dan Bapak Mohammad Thamrin.

Hari pertama pelatihan diawali dengan acara pembukaan, perkenalan peserta, penyusunan kontrak belajar selama pelatihan dan pemberian materi.  Materi yang diberikan pada hari pertama pelatihan meliputi  Konsep Positive Deviance, penentuan umur, telaah data posyandu, (buat table, diagram status gizi, gambar balita sehat dan kurang gizi) dan penentuan peringkat kekayaan (kriteria mapu, tidak mampu, ploting data balita pada KMS besar).

Pelatihan hari kedua diawali dengan review hari pertama dan dilanjutkan dengan pemberian materi diskusi kelompok,  kunjungan rumah, bedah kuesioner, bermain peran dan persiapan kunjungan rumah. Pelaksanaan Diskusi kelompok dan Kunjungan rumah dilakukan di hari ke tiga pelatihan, dimana hasil analisanya dipersiapkan untuk kegiatan Musyawarah Masyarakat kampung yang diadakan di hari ke empat pelatihan. Pada hari kelima, peserta pelatihan belajar merancang kegiatan pos gizi antara lain kegiatan menyusun menu makanan untuk peserta pos gizi, menyusun praktek dan perilaku kesehatan yang akan disampaikan dalam pesen kesehatan. Tidak ketinggalan juga menyusun permainan untuk balita peserta pos gizi, agar anak senang datang ke pos gizi.  Hari terakhir pelatihan diisi dengan praktek simulasi pos gizi. Pelatihan ditutup dengan sambutan  dari perwakilan PT. Berau Coal Tbk dan doa penutup.

 

Bulletin

S5 Box

Register

*
*
*
*
*

Fields marked with an asterisk (*) are required.