PDF
Print
E-mail

Lembaga Swadaya Masyarakat World Vision Indonesia (WVI) tetap konsisten dalam melakukan kegiatan implementasi pendekatan positive deviance.  Pada tanggal 3 Juli 2013, WVI telah mengadakan kegiatan Positive Deviance di Posyandu Tahang Manggarai NTT dengan membuka Kegiatan Pos Gizi yang berlangsung selama 10 hari. Kegiatan ini merupakan hasil kerja sama Lembaga Swadaya Masyarakat WVI dengan kader Posyandu Tahang Manggarai NTT.

Dari hari pertama kegiatan Pos Gizi, hampir sebagian besar balita pos gizi mengalami perkembangan. Sebagian balita mengalami peningkatan asupan makanan, walaupun ada juga yang tidak membaik nafsu makannya. Setelah 10 hari sesi pos gizi berlangsung, 10 balita peserta pos gizi yang sebelumnya mengalami gizi kurang  mengalami peningkatan berat badan dan hanya satu balita yang berat badannya tetap.

Pekembangan balita perserta pos gizi tidak hanya peningkatan berat badan, mereka juga mengalami perkembangan perilaku social. Beberapa anak yang pada hari pertama dan hari kedua kegiatan masih malu-malu dan takut bermain bersama teman sebayanya. Namun setelah beberapa hari, mereka sudah mulai bermain dengan lincah dan bersosialisasi dengan teman-temannya.

Kader dan peserta pos gizi merasa banyak mendapat manfaat dari kegiatan PD. Mereka sangat bersyukur karena dengan mengikuti kegiatan ini  mereka mendapat banyak pengetahuan dan wawasan yang berkaitan dengan gizi anak. Selain itu juga dilatih cara memanfaatkan pekarangan rumah menjadi kebun gizi. Sehingga dengan kegiatan ini, keluarga  sasaran dapat mengetahui cara mengelola bahan-bahan yang tersedia dengan mudah, seperti sayur-sayuran yang ditanam di pekarangan rumah.

Kegiatan pos gizi telah mendukung dan membantu mengatasi masalah kurang gizi pada balita. Tantangan yang dirasakan oleh para kader adalah mencari solusi ketersediaan lauk khususnya tahu dan tempe. Mereka berharap dapat difasilitasi untuk mendapatkan pelatihan cara pembuatan tempe dan tahu.

Sumber : http://www.wvindonesia.org/?mod=205&id=2923&WVI_ID=41b8c760d98ede319cbfac667652334a

 

Bulletin

S5 Box

Register

*
*
*
*
*

Fields marked with an asterisk (*) are required.