PDF
Print
E-mail

Tahun 2013, Dompet Dhuafa cukup berhasil melakukan implementasi pendekatan positive deviance dalam Program Desa Sehat Mandiri. Atas keberhasilan itu mereka kembali melanjutkan kegiatan PD dalam tahun 2013 ini. Pada tanggal 12 Juni 2013, Dompet Dhuafa secara  resmi membuka Program Klaster Mandiri di Desa Sambilawang Kec. Bungkal, Kab. Ponorogo dan dibuka langsung oleh Bupati Ponorogo H. Amin, S.H.

Menurut penjelasan Dr. Adi Mawardi, MARS (Manager Makmal dan Direktur LKC Dompet Dhuafa),  Program Klaster Mandiri merupakan kegiatan yang  meliputi 4 bidang yaitu sosial, pendidikan,ekonomi dan kesehatan. Dalam bidang kesehatan, Dompet Dhuafa melalui jejaringnya Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa telah melaksanakan Program Desa Sehat Mandiri yaitu desa yg memiliki kesiapan sumberdaya dan kemampuan untuk mencegah dan mengatasi masalah kesehatan termasuk bencana secara mandiri. Ini bisa diartikan masyarakat telah  menyadari, mau dan mampu, untuk mengenali dan mencegah permasalahan kesehatan.

Program Desa Sehat Mandiri LKC Dompet Dhuafa, terdiri dari  Pos Sehat, Pendampingan Posyandu, Program Anak Sekolah Sehat, Pos Gizi dengan pendekatan positif deviance, serta penanggulangan gawat darurat dan bencana.

Acara pembukaan dimeriahkan dengan pertunjukan beberapa tarian tradisional oleh anak-anak TK Sambilawang dan juga ditampilkan pertunjukan khas Kabupaten Ponorogo yaitu Reog Ponorogo.

Dr. Adi berharap, dengan dukungan seluruh stakeholder dan peran serta aktif masyarakat, Program Klaster Mandiri Dompet Dhuafa akan berjalan lancar dan membawa manfaat besar bagi seluruh masyarakat Kabupaten Ponorogo.

Sumber : http://www.lkc.or.id/

 

Bulletin

S5 Box

Register

*
*
*
*
*

Fields marked with an asterisk (*) are required.