PDF
Print
E-mail

Bulan November-Desember 2013, Positive Deviance Resource Centre kembali diundang PT. Berau Coal Tbk untuk memberikan pendampingan dalam pelatihan Positive Deviance bagi pelaksana/implementer di 8 kampung dampingan PT. Berau Coal. Pelatihan ini diadakan dalam 4 tahap, yang masing-masing tahap dilakukan di 2 kampung secara paralel.

Pelatihan implementer PD ini bertujuan untuk melatih para pelaksana mengenai pendekatan PD dan untuk menjadi media belajar para pelatih Kabupaten Berau agar lebih terlatih dalam melatih PD. Pelatih dari PDRC hanya bertugas mendampingi pelatih lokal dari Kabupaten Berau yang telah mengikuti pelatihan TOT PD. Sementara keluaran dari pelatihan ini adalah terbentuknya Pos Gizi sebagai suatu model pemberdayaan masyarakat dalam menanggulangi masalah gizi yang dikelola oleh Tim pelaksana (implementer) yang terlatih.

Pelatihan ini dilaksanakan selama 6 hari dan diperuntukan bagi pelaksanan/implementer Tingkat Kampung. Pelatihan dimulai dari pukul 09.00 sampai dengan 16.00 atau lebih sesuai kebutuhan dalam proses pembelajaran. Jumlah jam pelajaran pelatihan seluruhnya adalah 40 jam dengan perjamnya sekitar 45 menit. Modul yang digunakan dalam pelatihan ini adalah Buku Pegangan Kader 1 tentang Pengenalan Pendekatan Penyimpangan Positif di Pos Gizi dan Buku Pegangan Kader 2 tentang Pelaksanaan Pos Gizi.

Peserta pelatihan yang hadir dalam pelatihan merupakan perwakilan dari kader posyandu , PKK dan Ketua RT, pelatihan ini merupakan awal kegiatan intervensi masalah gizi di wilayah mereka. Diharapkan adanya komitmen masyarakat dalam menyelenggarakan kegiatan tersebut. Karena inti dari pendekatan positive deviance adalah adanya kesadaran dari masyarakat itu sendiri untuk mengatasi masalah yang ada di wilayahnya. Dan untuk menjaga kesinambungan kegiatan intervensi, disarankan dibentuk Komite Kesehatan Kampung yang akan menjadi perpanjangan tangan kegiatan intervensi kepada masyarakat atau aparat kampung.

 

 

Bulletin

S5 Box

Register

*
*
*
*
*

Fields marked with an asterisk (*) are required.