PDF
Print
E-mail

Pada tanggal 28-30 Agustus 2013, tim peneliti dari Positive Deviance Resource Centre (PDRC) FKM UI berangkat ke Riau dan Sumatera Utara untuk melakukan kegiatan analisis situasi pemanfaatan Posyandu di lingkungan perkebunan Kelapa Sawit IndoAgri. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan posyandu di perkebunan dan untuk memperoleh informasi tentang kepemimpinan, organisasi, mobilisasi, manajemen dan kebutuhan dalam posyandu .

Tim peneliti dibagi menjadi 3 tim yang masing-masing terdiri dari 2 peneliti. Ketiga tim berangkat ke tiga lokasi yang berbeda yaitu Kebun Kayangan (Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau), Kebun Lubuk Raja (Kabupaten Pelalawan Provinsi Riau) dan Kebun Turangi( Kabupaten Langkat Provinsi Sumatera Utara). Kegiatan di lapangan yang dilakukan meliputi wawancara mendalam dan diskusi kelompok dengan informan seperti kader, ibu balita, ibu hamil, perawat, bidan, dokter, tokoh masyarakat (TOMA), tokoh agama (TOGA), manajer kebun dan kepala desa. Kegiatan lain yang dilakukan yaitu observasi ke posyandu, klinik dan tempat lainnya yang mendukung data.

Desain penelitian yang digunakan dalam analisis situasi posyandu ini adalah desain cross sectional. Pengolahan data yang dilakukan yaitu menggunakan descriptive analysis yang bertujuan untuk memberikan gambaran indikator yang terpilih. Sementara dalam melakukan analisis data menggunakan thematic analysis.

Berdasarkan hasil analisis situasi diperoleh informasi bahwa perlu dilakukan revitalisasi posyandu di wilayah perkebunan IndoAgri agar fungsi dan kinerjanya lebih berkualitas dan mandiri. Hasil analisis ini menjadi gambaran langkah kerja sama IndoAgri dan PDRC FKM UI dalam kegiatan revitalisasi posyandu yang akan dilakukan.(Nurul Narulitasari)

 

Bulletin

S5 Box

Register

*
*
*
*
*

Fields marked with an asterisk (*) are required.