PDF
Print
E-mail

Tahun 2013-2014,PDRC FKM UI bekerja sama dengan IndoAgri dalam kegiatan Revitalisasi Posyandu di perkebunan IndoAgri. Kegiatan ini merupakan bentuk pengabdian IndoAgri kepada masyarakat sekitar perkebunan terutama dalam bidang kesehatan.

Kegiatan yang dilakukan yaitu pemberdayaan masyarakat perkebunan melalui kegiatan pelatihan Master of Trainer (MOR) dan Training of Trainer (TOT) Revitalisasi Posyandu di 11 Propinsi.  Pelatihan revitalisasi telah dilaksanakan dari bulan Maret 2014 dan akan berakhir di bulan September 2014. Pelatihan ini bertujuan meningkat pengetahuan dan keterampilan petugas kesehatan dan kader  yang terlibat dalam kegiatan posyandu agar fungsi dan kinerja posyandu lebih meningkat.  Untuk memenuhi kebutuhan pelatihan, PDRC menyusun buku panduan pelatihan Posyandu yang  terdiri  dari 6 Judul buku dimana pada 3 judul buku dibedakan antara panduan untuk petugas dan panduan untuk kader. Buku ini menjadi pegangan bagi petugas dan kader yang akan melakukan kegiatan posyandu. Peserta pelatihan MOT adalah petugas kesehatan yang terdiri dari dokter, bidan dan perawat perwakilan dari beberapa perkebunan IndoAgri. Mereka diharapkan bisa menjadi pelatih dalam pelatihan TOT di daerahnya. Sementara untuk pelatih dan pendamping pelatihan adalah tim PDRC FKM UI.

Secara keseluruhan pelatihan yang telah dilaksanakan di perkebunan IndoAgri  berjalan dengan baik. Berdasarkan observasi dari pelatih dan pendamping PDRC terhadap pelatih lokal yang melatih, mereka cukup mampu menyampaikan materi  dengan baik, walau ada beberapa yang masih kurang. Hal ini dipengaruhi oleh jam terbang dalam melatih. Oleh karena itu pendamping menyarankan pelatih diberikan banyak kesempatan untuk melatih.

Dokumentasi Kegiatan bisa dilihat di sini.

 

Bulletin

S5 Box

Register

*
*
*
*
*

Fields marked with an asterisk (*) are required.