PDF
Print
E-mail

Pada tanggal 11-13 Juni 2014, IndoAgri bekerja sama dengan PDRC FKM UI kembali menyelenggarakan pelatihan Training of Trainer (TOT) Revitalisasi Posyandu di Muara Merang Sumatera Selatan. Pelatihan ini dihadiri 22 orang peserta yang merupakan tenaga kesehatan (bidan dan perawat) yang bekerja di klinik beberapa perkebunan IndoAgri wilayah Sumatera Selatan.

Pelatihan TOT ini bertujuan untuk melatih petugas kesehatan mengenai Posyandu baik konsep maupun pelaksanaan kegiatannya sehingga mereka bisa menurunkan ilmunya kembali kepada petugas kesehatan lainnya yang tidak mengikuti pelatihan. Pelatihan ini juga menjadi media belajar para pelatih yang telah mengikuti pelatihan Master of Trainer (MOT) Revitalisasi Posyandu di Medan, agar mereka lebih terlatih dalam memberikan pelatihan. Pada pelatihan TOT ini, pelatih dari PDRC hanya bertugas mendampingi, mengoreksi dan memberikan masukan kepada pelatih.

Pelatihan ini dilaksanakan selama 3 hari dimulai dari pukul 08.00 WIB sampai dengan 17.00 WIB atau lebih sesuai kebutuhan dalam proses pembelajaran. Modul yang digunakan dalam pelatihan ini adalah Buku Panduan Revitalisasi Posyandu yang tediri dari 6 Modul (1000 Hari Pertama Kehidupan, Panduan Posyandu, Pengukuran Antropometri, Gizi Seimbang, Komunikasi dan Motivas, serta Panduan Training of Trainers Revitalisasi Posyandu).

Secara keseluruhan, pelatihan berjalan dengan baik dan lancar. Para pelatih masih ada yang gugup dan tidak menguasai materi. Namun dengan banyaknya jam terbang dalam melatih, para pelatih akan terbiasa dan terlatih dalam menyampaikan materi maupun berinteraksi dengan peserta.

 

Bulletin

S5 Box

Register

*
*
*
*
*

Fields marked with an asterisk (*) are required.