PDF
Print
E-mail

IndoAgri dan Positive Deviance Resource Centre Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia kembali melaksanakan Training of Trainer Revitalisasi Posyandu. Pelatihan yang dilaksanakan di perkebunan IndoAgri wilayah Penajam Kalimantan Timur ini berlangsung selama 3 hari dari tanggal 23 September hingga tanggal 25 September 2014. Sebanyak 16 peserta yang merupakan perwakilan dari petugas kesehatan dan kader di perkebunan wilayah Penajam dan Mariango (MAE) hadir dalam pelatihan tersebut.

Pelatihan yang di fasilitasi oleh pelatih lokal yang sudah mendapat pelatihan Master of Trainer Revitalisasi Posyandu  ini bertujuan memberikan pemahaman serta pembekalan kepada petugas kesehatan dan kader di wilayah Penajam sehingga nantinya nantinya ilmu yang mereka dapatkan bisa diaplikasikan di wilayah masing-masing untuk pengembangan kegiatan posyandu mereka. Pelatih dari PDRC FKM UI bertugas mendampingi dan fasilitator lokal.

Hari pertama pelatihan diisi oleh materi posyandu, SKDN, antropometri dan cara penghitungan umur. Pada hari kedua peserta belajar praktek pengukuran, gizi seimbang, 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) dan Komunikasi Motivasi. Sementara hari ketiga diisi dengan micro teaching. Untuk acara pembukaan, dibuka secara resmi oleh Bapak Suyitno, Asisten Kebun PT. KMS PNE (PT. Kebun Mandiri Sejahtera Penajam Estate).

Secara keseluruhan pelatihan bisa berjalan dengan lancar walau ada beberapa alat yang tidak tersedia seperti alat pengukur panjang badan dan KMS yang besar sehingga pelatihan kurang optimal. Diharapkan pada pelatihan selanjutnya, penyelenggara menyiapkan semua yang dibutuhkan dalam pelatihan. Untuk para pelatih lokal diharapkan lebih menguasai materi sehingga lebih siap dalam melatih dan tidak gugup.



 

Bulletin

S5 Box

Register

*
*
*
*
*

Fields marked with an asterisk (*) are required.