PDF
Print
E-mail

Kegiatan Pelatihan PD Implementer di Kelurahan Rinding Kecamatan Teluk Bayur Kabupten Berau ini adalah pelatihan tahap ke 2 pada tahun 2014. Dilaksanakan mulai tanggal 2 – 9 November 2014 bertempat di Gedung Olah Raga Kelurahan Rinding.

Pelatihan Implementer di Kelurahan Rinding direncanakan akan dilaksanakan di 2 tempat. Tetapi karena jumlah peserta yang hadir dan dapat mengikuti secara penuh hanya 22 orang, maka pelatihan dilaksanakan disatu tempat saja yaitu di Gedung Olah Raga. Beberapa calon peserta pelatihan adalah Guru SD yang tidak dapat mengikuti pelatihan selama 6 hari dengan waktu pelatihan mulai dari jam 9 sampai dengan jam 16.00, sehingga jumlah peserta menjadi 22 orang.

Jadwal pelatihan yang direncanakan mengalami perubahan karena Lurah dan Tokoh Masyarakat ada rapat sehingga Musyawarah Masyarakat Kelurahan (MMK) yang seharusnya dilaksanakan pada hari ke-empat dilaksanakan pada hari kelima dan materi hari kelima disampaikan pada hari ke empat. Pada akhir pelatihan simulasi pos gizi dilaksanakan di Posyandu Melati, karena di Posyandu Ulin Sejati dan Posyandu Mekarsari jumlah balita gizi kurang dari 8 orang.

Pemateri pelatihan sebagian besar disampaikan oleh Tim Fasilitator Kabupaten Berau, sedangkan Fasilitator PDRC memberikan bimbingan dan umpan balik langsung kepada fasilitator dalam proses pelatihan setiap hari dan melakukan refleksi pencapaian tujuan pembelajaran setiap akhir pelatihan. Evaluasi penyelenggaraan pelatihan dilakukan oleh peserta diakhir pelatihan.

Saran dan rekomendasi yang disampaikan antara lain melaksanakan operasi timbang untuk meningkatkan jumlah cakupan penimbangan balita di Kelurahan Rinding minimal 80% setiap bulannya dan perlunya melakukan Pelatihan Training of Trainer (TOT) Pelatih PD untuk menambah jumlah fasilitator PD aktif dan sebagai penyegaran bagi Fasilitator PD aktif yang telah ada.

 

Bulletin

S5 Box

Register

*
*
*
*
*

Fields marked with an asterisk (*) are required.