PDF
Print
E-mail

Pelatihan Pendekatan Positive Devinace untuk Implementer Tahap 3 Tahun 2013 telah dilaksanakan pada tanggal 10 s/d 15 November 2014 di Kelurahan Gunung Tabur. Pelaksanaan pelatihan dilaksanakan di dua lokasi secara bersamaan yaitu di di wilayah Posyandu Tiung dan lokasi kedua di wilayah Posyandu Merak dan Parki.

Pelatihan dilaksanakan selama 6 hari dan diperuntukan bagi Pelaksana Tingkat Kampung (Kader Posyandu). Pelatihan dimulai dari jam 9.00 s/d jam 16.30, sedangkan  jumlah jam pelajaran pelatihan seluruhnya adalah 40 jam dengan per jamnya sekitar 45 menit.

Tujuan pelatihan ini ada lima yaitu 1) untuk meningkatkan kesadaran pelaksana di tingkat kampung tentang masalah kurang gizi dan akibat yang ditimbulkan, 2) meningkatkan kemampuan dan keterampilan pelaksana tingkat kampung dalam pelaksanaan Posyandu, meliputi : menimbang, menentukan umur balita, mencatat, dan mem-ploting hasil penimbangan di KMS, interpretasi hasil penimbangan , 3) melaksanakan Pos Gizi untuk mengatasi masalah gizi kurang, 4) meningkatkan ketrampilan dan kemampuan fasilitator untuk melatih pelaksana di tingkat kampung dan 5). memberikan bimbingan dan umpan balik kepada fasilitator kabupaten dalam proses fasilitasi.

Pelatihan ini berjalan dengan cukup baik, peserta cukup antusias dan interaktif dalam mengikuti pelatihan. Fasilitator cukup baik dalam menjelaskan materi, mereka juga telah menyiapkan materi dalam kertas A5. Namun sayangnya fasilitator masih terpaku dengan catatan kertas sehingga terkesan seperti membacakan saja, kurang memberikan penjelasan kepada peserta.

 

Bulletin

S5 Box

Register

*
*
*
*
*

Fields marked with an asterisk (*) are required.