PDF
Print
E-mail

Kegiatan Training of Trainer (TOT) Program Revitalisasi Posyandu kembali diadakan di salah satu Posyandu binaan IndoAgri. Kegiatan ini berlangsung pada 18-22 Agustus 2015 bertempat di daerah Banyuwangi, Jawa Timur. Peserta yang hadir dalam pelatihan ini berjumlah 15 orang yang merupakan perwakilan dari  kader dan petugas kesehatan di perkebunan PT. London Sumatera (Lonsum).

Pelatihan ini di fasilitasi oleh 2 orang pelatih lokal yang sudah mengikuti kegiatan Master of Trainer (MOT) Revitalisasi Posyandu di Kertasari, Bandung, Jawa Barat pada Agustus 2014.  Tujuan pelatihan ini adalah memberikan pemahaman serta pembekalan kepada petugas kesehatan dan kader di wilayah Sumatera Selatan sehingga mereka dapat mengaplikasikannya di wilayah masing-masing untuk pengembangan kegiatan posyandu mereka. Pelatih dari PDRC FKM UI bertugas mendampingi dan fasilitator lokal.

Materi yang diberikan dalam pelatihan meliputi materi posyandu, SKDN, antropometri dan cara penghitungan umur, belajar praktek pengukuran, gizi seimbang, 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) dan Komunikasi Motivasi.  Materi-materi tersebut diberikan pada hari pertama dan kedua pelatihan. Sementara hari ketiga diisi dengan micro teaching.

Semua peserta antusias dan fokus dalam mengikuti pelatihan karena peserta belum pernah mendapat pelatihan mengenai pengukuran antropometri, gizi, dan komunikasi kesehatan dengan lengkap untuk menjalankan kegiatan di posyandu. Harapan dari perserta pelatihan adalah kelengkapan alat antropometri sehingga pengukuran status gizi anak dapat dilakukan dengan baik. Selain itu, peserta berharap agar terbentuknya kerja sama yang kompak dengan perusahaan untuk  memotivasi ibu balita agar rajin mengikuti kegiatan posyandu.

 

Bulletin

S5 Box

Register

*
*
*
*
*

Fields marked with an asterisk (*) are required.