PDF
Print
E-mail

Desember 2015 lalu, Tim Monitoring PDRC FKM UI melakukan kunjungan ke Posyandu Binaan IndoAgri di Banyuwangi (Jawa Timur) dan Bulukumba (Sulawesi Selatan). Kegiatan ini berlangsung pada 9 Desember 2015 di Banyuwangi dan 2-3 Desember 2015 di Bulukumba. Terdapat beberapa komponen yang dipantau dalam program revitalisasi posyandu ini, diantaranya adalah penyelenggaraan posyandu. Dalam hal penyelenggaraan, monitoring dilakukan pada lima langkah kegiatan posyandu, meliputi pendaftaran, penimbangan dan pengukuran panjang badan/tinggi badan dan LiLA, pencatatan KMS, penyuluhan/konseling, dan pelayanan kesehatan. Selain itu, dipantau pula sarana dan prasarana posyandu serta keterampilan para tenaga kesehatan dan kader dalam melakukan pengukuran antropometri. Sebagaimana idealnya penyelenggaraan posyandu, pemantauan status gizi dan kesehatan tidak hanya ditujukan pada bayi/balita tetapi juga ibu hamil, ibu nifas, ibu menyusui, dan wanita usia subur.

Suasana ramai dan bersemangat kami rasakan saat mengunjungi Posyandu di Banyuwangi dan Bulukumba. Tidak hanya kader tetapi juga para peserta posyandu terlihat antusias mengikuti kegiatan Posyandu. Di salah satu Posyandu di Bulukumba, tepatnya di Posyandu Balombassie, tidak dilakukan penyuluhan gizi dan kesehatan dikarenakan bangunan posyandu yang tidak terlalu besar, sementara peserta posyandu cukup banyak. Menyiasati hal tersebut, dilakukan konseling untuk setiap peserta posyandu yang membutuhkan informasi mengenai gizi dan kesehatan. Dalam hal ini, dilakukan oleh petugas gizi Puskesmas setempat.

Berdasarkan kegiatan monitoring yang dilakukan, seluruh posyandu sudah aktif menjalankan kegiatannya. Hal ini menunjukan kerja sama yang baik antara pihak perkebunan, tenaga kesehatan, kader, dan juga warga yang aktif datang ke posyandu meskipun kadang terkendala dengan akses/transportasi menuju posyandu. Kedepannya, diharapkan tenaga kesehatan dan kader dari masing-masing perkebunan dapat saling bertukar pikiran dan mempelajari keunggulan posyandu yang lain, sehingga kompetensi tenaga kesehatan dan kader tiap perkebunan dalam satu frekuensi untuk mewujudkan posyandu IndoAgri yang mandiri dan berkualitas.

 

Bulletin

S5 Box

Register

*
*
*
*
*

Fields marked with an asterisk (*) are required.