PDF
Print
E-mail

Di awal tahun 2017, PDRC FKM UI bekerja sama dengan PT Indofood Sukses Makmur Tbk. Divisi Bogasari menyelenggarakan Program Peningkatan Kapasitas Pemangku Kepentingan Posyandu. Kegiatan yang diselenggarakan berupa pemberian pelatihan berjenjang dalam upaya merubah pengetahuan, sikap, dan perilaku para kader posyandu.

Level pertama dalam program ini adalah Pelatihan Master Trainers. Pelatihan diselenggarakan dalam dua angkatan, yang pertama berlangsung pada 21 – 23 Februari 2017 di Aula Kantor Kelurahan Lagoa, Jakarta Utara. Sebanyak 28 peserta (Kader, PKK, dan IKAKES) selama tiga hari ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Sementara, angkatan kedua berlangsung pada 1 – 3 Maret 2017 di Aula Kantor Kelurahan Kalibaru, Jakarta Utara. Jumlah peserta yang mengikuti peletihan adalah sebanyak 30 orang.

“Masalah gizi dan kesehatan dalam masyarakat umumnya disebabkan oleh ketidaktahuan. Ketidaktahuan ini lah yang harus diatasi. Oleh karena itu, Tim PDRC menyambut baik kerjasama dengan Divisi Bogasari untuk memfasilitasi peningkatan kapasitas para kader-kader posyandu” ujar Prof. dr. Endang L. Achadi MPH, Dr.PH selaku Ketua PDRC FKM UI dalam sambutannya saat pembukaan rangkaian acara.

Pada hari pertama, peserta diberikan materi mengenai 1000 Hari Pertama Kehidupan, Pedoman Gizi Seimbang, dan Penyelenggaraan Posyandu. Hari Kedua, peserta mendalami materi mengenai Pengukuran Antropometri meliputi standar pengukuran, interpretasi hasil, dan praktik melakukan pengukuran status gizi bayi dan balita. Pada hari terakhir, peserta dibekali materi Komunikasi dan Motivasi yang diharapkan mampu menggerakkan peserta untuk dapat menyampaikan kembali materi yang didapat ke kader-kader posyandu lainnya dan ibu-ibu pengunjung posyandu. Selain itu, peserta pun juga berlatih mengajar (microteaching) ke sesama peserta agar peserta semakin percaya diri dalam menyampaikan materi.

Akhir dari rangkaian Pelatihan Master Trainers ini adalah menyusun Rencana Tindak Lanjut (RTL). RTL ini akan menjadi acuan pelaksanaan pelatihan berjenjang level kedua, yaitu Training of Trainers, yang mana Pelatih atau Fasilitator dalam kegiatan ini adalah Master Trainers terpilih dari Pelatihan level pertama.

 

Bulletin

S5 Box

Register

*
*
*
*
*

Fields marked with an asterisk (*) are required.