PDF
Cetak
Surel
There are no translations available.

Pada tanggal 6 Desember 2016 lalu, PDRC FKM UI bekerja sama dengan PT Meares Soputan Mining – Tambang Tondano Nusajaya (PT MSM – TTN) menyelenggarakan Program Peningkatan Kesehatan Ibu dan Anak Melalui Gerakan 1000 HPK. Kick off kegiatan ditandai dengan diselenggarakannya Seminar di Ballroom Sutan Raja Hotel, Minahasa Utara – Sulawesi Selatan. Seminar ini didukung oleh Dinas Kesehatan Minahasa Utara, Dinas Kesehatan Bitung, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Samratulangi, dan diikuti oleh Hukum Tua (Lurah), Promkes Puskesmas, PKK, Bidan, dan Kader Posyandu dari masing-masing Kecamatan Likupang Selatan, Likupang Timur, dan Ranowulu.

Selang 3 bulan, pada 25 – 27 April 2017 diselenggarakan pelatihan level pertama, yaitu Pelatihan Master Trainers (MT) bagi para Bidan, PKK, dan Tim Medis PT MSM – TTN. Pelatihan MT berlangung paralel di dua kelas, A dan B. Kelas A diikuti oleh 18 peserta dan Kelas B diikuti oleh 16 peserta. Para peserta Pelatihan MT ini berasal dari Ring 1 dan 2 Lingkar Tambang PT MSM – TTN, meliputi Kecamatan Likupang Timur, Likupang Selatan, dan Ranowulu.

Pelatihan ini berlangsung selama 3 hari. Pada hari pertama, peserta diberikan materi mengenai 1000 Hari Pertama Kehidupan, Pedoman Gizi Seimbang, dan Penyelenggaraan Posyandu. Hari Kedua, peserta mendalami materi mengenai Pengukuran Antropometri meliputi standar pengukuran, interpretasi hasil, dan praktik melakukan pengukuran status gizi bayi dan balita. Pada hari terakhir, peserta dibekali materi Komunikasi dan Motivasi yang diharapkan mampu menggerakkan peserta untuk dapat menyampaikan kembali materi yang didapat kepada kader-kader posyandu dan ibu-ibu pengunjung posyandu. Selain itu, peserta pun juga berlatih mengajar (microteaching) ke sesama peserta agar peserta semakin percaya diri dalam menyampaikan materi.

Akhir dari rangkaian Pelatihan ini adalah menyusun Rencana Tindak Lanjut (RTL). RTL ini akan menjadi acuan pelaksanaan pelatihan berjenjang level kedua, yaitu Training of Trainers, yang mana Pelatih atau Fasilitator dalam kegiatan ini adalah Master Trainers terpilih dari Pelatihan level pertama.

 

Bulletin