PDF
Cetak
Surel
There are no translations available.

Buku Panduan untuk Posyandu yang disusun oleh tim PDRC FKM UI ini merupakan kelengkapan pelatihan Revitalisasi Posyandu. Buku panduan ini  terdiri dari 6 Judul buku yang pada 3 judul buku dibedakan antara panduan untuk petugas dan panduan untuk kader.

MODUL  I (1000 HARI PERTAMA KEHIDUPAN)


 

1000 HPK merupakan titik kritis di awal kehidupan yang akan menentukan kualitas seseorang di masa yang akan datang.  Kegagalan pada periode ini bersifat permanan sehingga tidak dapat diperbaiki. Modul ini menyajikan secara lengkap definisi, akibat dan apa yang harus dilakukan dalam periode 1000 HPK serta peran Posyandu dalam periode tersebut.

 

MODUL 2 (PANDUAN POSYANDU)

 

Modul Panduan Posyandu terdiri dari  konsep dan kegiatan posyandu (5  pelayanan Posyandu) serta penjelasan tentang KMS dan cara pengisiannya.  Modul ini  bersifat operasional dan teknis mengenai kegiatan posyandu dan disajikan secara detil dan runtut sehingga mudah dipahami.

 

MODUL 3 (PANDUAN PENGUKURAN ANTROPOMETRI)

 

Pengukuran antropometri Ibu hamil dan balita merupakan bagian penting dari kegiatan Posyandu.  Pengukuran antropometri yang disampaikan   dalam modul ini terdiri  dari pengukuran Lingkar Lengan Atas (LiLA) dan Berat Badan  ibu hamil, serta Berat Badan, Panjang Badan, Tinggi Badan bayi dan balita.  Adapun secara teknis, modul menyampaikan bagaimana cara yang benar untuk memasang alat, menggunakan alat, dan membaca hasil pengukuran.

 

MODUL 4 (GIZI SEIMBANG)

 

Untuk mencapai kesehatan dan gizi yang baik, manusia membutuhkan asupan beragam pangan dan zat gizi dan jumlah yang cukup dan seimbang serta pola hidup yang baik.  Dalam modul ini disajikan teori dan gambar-gambar menarik mengenai prinsip gizi seimbang, yaitu makan makanan beranekaragam, mempraktekkan pola hidup bersih, berolahraga secara teratur dan memantau berat badan ideal.

 

MODUL 5 (KOMUNIKASI DAN MOTIVASI)


 

Pemberdayaan masyarakat pada kegiatan Posyandu akan berhasil dengan baik jika terjadi komunikasi yang baik antara Kader dengan sasaran dan bagaimana Kader dapat memotivasi sasaran.  Modul ini berisi dua topik yaitu Komunikasi dan Motivasi dimana masing-masing berisi teori dan bermain peran.  Bab Komunikasi berisi : definisi, tujuan dan komponen komunikasi serta bagaimana cara menjalin komunikasi yang baik sehingga pesan yang ingin disampaikan dapat diterima sasaran. Sedangkan bab Motivasi berisi  tentang bagaimana langkah yang harus dilakukan Kader agar dapat memotivasi sasaran (Ibu Hamil dan Ibu Balita) untuk berperan aktif dalam Posyandu.

 

MODUL 6 (PANDUAN TRAINING OF TRAINER REVITALISASI POSYANDU)

 

Modul 6 ini merupakan buku panduan dalam menyelenggarakan pelatihan Training of Trainer Revitalisasi Posyandu.  Modul ini berisi tentang latar belakang diadakannya pelatihan, tujuan pelatihan, peserta pelatihan dan penyelenggaraan, alur pelaksanaan pelatihan, struktur program, alur pembelajaran, tempat dan waktu, kelengkapan pelatihan serta evaluasi pelatihan.

 

S5 Box

Register

*
*
*
*
*

Fields marked with an asterisk (*) are required.