PDF
Cetak
Surel
02
Apr

art1Positive Deviance (PD) adalah salah satu pendekatan untuk mengatasi masalah kesehatan. Hearth National Model telah menggunakan pendekatan ini sejak tahun 1960’s di Haiti dan telah diterima secara luas sebagai suatu pendekatan yang efektif.

Pada tahun 1980, Profesor Marian Zeitlin menggunakan konsep Positive Deviance (PD) untuk menjawab pertanyaan; “mengapa beberapa anak-anak di masyarakat miskin lebih baik gizinya daripada yang lain?” Dia mengidentifikasi hal baik apa yang terjadi di masyarakat yang memperkuat hal tersebut, kemudian membandingkan dengan apa yang salah dalam masyarakat dan memperbaikinya.

Jerry Sternin (1938-2008) dan istrinya Monique Sternin, mulai menggunakan PD pada proyek gizi buruk anak-anak di Vietnam tahun 1990-an. Selama dua dekade terakhir, Jerry Sternin terus menyempurnakan dan mengembangkan pendekatan PD bekerja sama dengan berbagai lembaga, organisasi, dan individu untuk mengatasi berbagai masalah seperti kekurangan gizi dan anemia pada anak-anak, perdagangan anak perempuan, HIV/ AIDS diantara pekerja seks komersial, tradisi pemotongan alat kelamin perempuan dan penyebaran infeksi yang didapat di rumah sakit.

Pendekatan Positive Deviance (PD) mulai dikenal di Indonesia sejak tahun 2002. Pendekatan ini telah diadopsi oleh beberapa LSM nasional dan internasional di 33 kebupaten di Indonesia. Umumnya pendekatan ini digunakan untuk mengatasi masalah gizi, namun saat ini penerapannya tidak hanya dalam bidang gizi tapi juga di bidang lain seperti kesehatan ibu hamil dan melahirkan, menyusui, HIV/AIDS, penjualan anak dan sebagainya.

Berdasarkan hal tersebut maka dirasakan penting untuk memiliki sebuah pusat yang bisa menjadi koordinator berbagai sumber daya pendekatan positive deviance. Oleh karena itu pada bulan November 2006 dibentuk Positive Deviance Resource Centre di Fakultas Kesehatan Masyarakat (PDRC FKM). Ini merupakan hasil kerja sama FKM UI dan Save The Children dengan dukungan dana dari USAID sampai September 2008.

 

S5 Box

Register

*
*
*
*
*

Fields marked with an asterisk (*) are required.