News

ELN-PDRC News

Workshop on Qualitative Research for Health Development

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Sebagai bagian dari upaya pencarian solusi masalah kesehatan di Indonesia, Puslitbang Humaniora dan Manajemen Kesehatan Balitbangkes Kemenkes RI mengadakan kegiatan bertajuk “Workshop on Qualitative Research for Health Development”. Workshop ini diikuti oleh sekitar 150 staf Litbangkes Kemenkes pada Selasa, 18 Oktober 2016. 

Pemateri dalam workshop tersebut adalah Dr. Ir. Asih Setiarini, M.Sc yang sekaligus mewakili PDRC FKM UI untuk memberikan penjelasan mengenai Pendekatan Positive Deviance sebagai salah satu solusi dalam mengatasi masalah kesehatan di Indonesia. Dalam pemaparannya, Dr. Asih Setiarini menyampaikan masalah-masalah gizi dan kesehatan yang sedang dihadapi oleh Indonesia dan peran Pendekatan Positive Deviance (PD) dalam memecahkan masalah tersebut. Disampaikan pula sejarah perkembangan Positive Deviance, konsep, dan langkah-langkah menemukan perilaku unik positif yang menjadi kunci dari pendekatan Positive Deviance

Dalam workshop ini hadir pula Dr. Ir. Diah M. Utari, M. Kes dan Ir. Siti Arifah Pujonarti, MPH yang berperan sebagai fasilitator. Peserta workshop dibagi menjadi beberapa kelompok dan diminta untuk mendiskusikan salah satu masalah kesehatan di Indonesia. Dengan dibantu oleh para fasilitator, peserta dibimbing untuk merumuskan tujuan program kesehatan yang diharapkan terhadap masalah tersebut. Selanjutnya, peserta akan dibimbing untuk menentukan kriteria individu atau keluarga yang memiliki perilaku positif yang diinginkan (keluarga PD). Terakhir, peserta akan dibimbing untuk menemukan perilaku umum, perilaku unik, dan perilaku unik positif yang ada di masyarakat sehingga nantinya hasil temuan dapat dielaborasi sebagai program kesehatan di masyarakat setempat.

Sebagai penutup kegiatan workshop, Dr. Asih Setiarini menyampaikan contoh disain program kesehatan berdasarkan hasil temuan perilaku unik positif di masyarakat. Harapannya, peserta akan mendapatkan gambaran dalam merancang disain program kesehatan untuk masing-masing permasalahan.

Lihat dokumentasi kegiatan di sini.