News

ELN-PDRC News

Ruangguru, Indofood, dan PDRC FKM UI Luncurkan Program Edukasi Digital "Hidup Sehat Yuk!"

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Ruangguru, PT Indofood Sukses Makmur Tbk (Indofood), dan Positive Deviance Resource Centre Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (PDRC FKM UI) mengumumkan kerja sama strategis

dengan meluncurkan program “Hidup Sehat Yuk!”, yaitu konten edukasi digital mengenai kesehatan yang akan ditempatkan di aplikasi Ruangguru. Acara peluncuran ini diselenggarakan di XXI Epicentrum, Jakarta Selatan dengan menghadirkan aktor Iqbaal Ramadhan dan content creator Gita Savitri selaku brand ambassador Ruangguru. Acara peluncuran ini dihadiri lebih dari 500 peserta yang terdiri dari pelajar, guru, orang tua, dan juga media nasional.

Mengingat perlunya pengetahuan tentang gizi & kesehatan sejak dini untuk remaja sebagai generasi penerus bangsa, serta upaya menjangkau lebih banyak remaja putri dalam waktu yang singkat, Indofood dan PDRC FKM UI menggandeng Ruangguru yang merupakan penyedia layanan pendidikan berbasis teknologi terbesar di Indonesia. Saat ini Ruangguru memiliki lebih dari 8 juta pengguna. Nantinya, melalui aplikasi Ruangguru akan tersedia konten pelajaran bernama Hidup Sehat Yuk! berisi materi mengenai 1000 Hari Pertama Kehidupan, Gizi Seimbang, Anemia pada Remaja, dan Kesehatan Remaja. Konten tersebut terdiri dari video belajar, kuis, rangkuman, dan juga latihan topik.

“Di Ruangguru, kami tidak hanya menyediakan konten belajar yang berkualitas, namun kami juga ingin memberikan nilai lebih. Kami percaya kecerdasan anak ditunjang oleh kesehatan dan juga pemenuhan gizi yang seimbang. Oleh karena itu, kolaborasi ini diharapkan bisa memberikan dampak yang luas bagi anak-anak di Indonesia” ujar Belva Devara, Co-Founder dan CEO Ruangguru.

Direktur Indofood, Axton Salim, menambahkan “Permasalahan gizi utama kita adalah stunting. Upaya preventif untuk mengurangi permasalahan gizi bangsa tersebut harus dimulai sejak dini. Kami percaya bahwa edukasi melalui aplikasi digital dirasakan lebih sesuai dengan kebiasaan generasi z, sehingga kerjasama ini diharapkan dapat menjangkau lebih banyak remaja dalam waktu yang lebih singkat.”

Guru  Besar  FKM UI, Prof. dr. Endang L. Achadi, MPH., Dr.PH juga menyampaikan, “Masalah kesehatan dan gizi harus ditangani dengan segera. Stunting sebagai contoh, bukan sekedar masalah ukuran tubuh, tetapi yang lebih penting adalah anak yang stunting kemungkinan besar juga mengalami hambatan pertumbuhan dan perkembangan organ-organ lainnya, seperti otak, jantung, dan ginjal, sehingga berpengaruh terhadap kemampuan kognitif (kecerdasan) dan risiko berbagai Penyakit Tidak Menular (PTM) saat dewasa, seperti hipertensi, diabetes, dan penyakit jantung. Selain itu, masalah kesehatan yang banyak dihadapi remaja putri adalah Anemia yang disebabkan oleh konsumsi makanan yang tidak bergizi seimbang.  tidak hanya memberi dampak secara fisik, tetapi juga menghambat perkembangan lain seperti kecerdasan otak, rentan pada penyakit kronis. Anemia merupakan masalah yang paling umum dihadapi pada remaja putri. Kami sangat mengapresiasi kerjasama yang dilakukan oleh Indofood dan Ruangguru untuk membantu remaja mulai menyadari pentingnya gizi dan kesehatan untuk masa depan Indonesia yang lebih cerah dan gemilang.”

 

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, akses ke www.ruangguru.com atau unduh aplikasi Ruangguru di App store dan Play store.